Berdiri sejak 1 Pebruari 2007 di wilayah Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Prop. Jawa
Tengah. AN-NAHL PRESCHOOLmenerapkan Pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle
Time) sebagai metode pembelajarannya. Metode BCCT merupakan sebuah metode yang
sinergis dengan strategi belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar.
Seluruh kegiatan pembelajaran berpusat pada anak, peran pendidik hanya sebagai
fasilitator, motivator, dan evaluator.Dalam pendekatan BCCT proses pembelajaran
diharapkan mampu berjalan secara alamiah dalam bentuk kegiatan yang ditujukan
agar anak belajar dengan mengalami bukan hanya sekedar mengetahui ilmu yang
ditransfer oleh pendidik. Metode ini juga memandang bermain sebagai media yang
tepat dan satu-satunya media pembelajaran anak karena disamping menyenangkan,
bermain dalam setting pendidikan dapat menjadi media untuk berfikir aktif dan kreatif
sesuai tahapan usianya.Ciri khusus yang dimiliki BCCT adalah empat pijakan,
yaitu : pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan
setelah bermain.Perlu dipahami bahwa didalam metode BCCT berlaku tiga jenis
bermain. Pertama, bermain sensorimotor atau fungsional yang memfungsikan panca
indra anak agar dapat berhubungan dengan lingkungan sekitar. Bermain
sensorimotor penting untuk mempertebal sambungan antar neuron. Kedua, bermain
peran baik mikro maupun makro dimana anak diberi kesempatan menciptakan kejadian-kejadian
dalam kehidupan nyata dengan cara memerankannya secara simbolik. Ketiga,
bermain pembangunan, Piaget (1962) menjelaskan bahwa kesempatan main
pembangunan membantu anak untuk mengembangkan ketrampilannya yang akan mendukung
keberhasilan sekolahnya dikemudian hari.
VISI
Menjadi lembaga yang membentuk anak usia dini sebagai generasi penerus bangsa Indonesia yang beriman, bertaqwa, sehat, cerdas, mandiri, jujur, bertanggungjawab, kreatif dan berkarakter serta memiliki kesiapan mental yang kuat untuk meng-hadapi tantangan dunia.
MISI
- Mengembangkan metode pembelajaran sentra berbasis pendidikan karakter dan religius islami.
- Menstimulasi seluruh aspek kecerdasan anak melalui kegiatan bermain agar berkembang optimal.
- Menanamkan pendidikan agama islam dalam setiap kegiatan pembelajaran sehari-hari
- Melatih kemandirian dan ketrampilan hidup anak.
- Memberikan layanan khusus (pendidikan inklusi) bagi Anak Berkebutuhan Khusus dengan prinsip bahwa setiap anak itu unik, cerdas, dan tidak dapat diperbandingkan.
LEGALITAS SEKOLAH
Nomor Pokok Sekolah Nasional : 69780912
Ijin Operasional Sekolah :
SK No. : 421.9/1840.A
No. Reg. : 037/PAUD-TK/2012
SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI
Nomor AHU-0015190.AH.01.07 Tahun 2016
Tanggal 10 Pebruari 2016
KURIKULUM PAUD
AN-NAHL PRESCHOOL merancang kurikulum sesuai dengan Standart PAUD dan penambahan Muatan Religius Agama Islam berdasarkan Al Qur’an dan Hadits.
PROGRAM UNGGULAN
Hafalan Do’a Harian, Hafalan Asmaul Husna, Pembiasaan Sholat Dzuhur berjamaah, Life Skill (Ketrampilan Hidup), Penanaman Budi Pekerti yang baik, Toilet Training, dll.
0 komentar:
Posting Komentar